Langsung ke konten utama

WELCOME TO BATAM


Hi, There!
Awalnya sempat bingung dengan propinsi ini karena geografinya yang terpisah-pisah, bahkan langsung dipisahkan oleh pulau. Ibukota propinsi sebagai pusat administrasi berlokasi di Tanjung Pinang, sementara aktifitas bisnis dipusatkan di Batam, pulau lain ada pulau Karimun, Anambas, Lingga, dan Natuna (yang lebih dekat dengan Kalimantan Barat).
Satu magnet kuat dari Kepulauan Riau adalah letaknya yang strategis, berbatasan dengan negara tetangga Singapura. Cukup bermodal paspor, cuzz... dengan harga terjangkau kita bisa berkunjung ke Singapura dengan kapal ferry dua jam saja. How great!!! Sayang, saya belum menjadi orang yang beruntung  mampir ke Singapura *nangis gulung-gulung.
Lihat Singapuranya dari ujung negeri saja ya, pantai Tanjung Pinggir. Gedung-gedung pencakar langit Singapura tampak semu tertutup kabut, aku ingin ke sana... melihatmu nyata!

Mengintip Singapura dari sini
Fine, tak bisa ke Singapura, kita bisa menikmati wahana dan produk lokal yang tak kalah menyenangkan. Soal transportasi, tak perlu khawatir karena di Kepulauan Riau (kali ini di Batam) banyak terdapat angkutan umum, angkot atau taksi. Namun harus siap dengan harga standar para driver atau tetap nekat menawar karena di Batam tidak ada taksi yang menggunakan argometer.
Yang paling terkenal di Batam adalah pusat perbelanjaannya yang murah meriah. Produk impor kualitas oke dengan harga yang terjangkau bisa kita dapatkan di Batam. Salah satu spotnya yang terkenal adalah Nagoya Paradise Centre. Segala macam produk import dengan harga miring dijajakan di daerah ini. Produk dalam negeri pun tidak ketinggalan ikut eksis Sejumlah pedagang kaki lima turut meramaikan kawasan perbelanjaan Nagoya. Manisan buah yang dipajang di sepanjang jalan ini cukup eye-catching.

Manisan Buah
Tak boleh ketinggalan untuk mampir menikmati senja di Barelang Bridge. Barelang Bridge atau Jembatan Barelang ini menjadi ikon kota Batam. Orang lokal kadang menyebutnya jembatan Habibie karena beliau yang awal pertama memprakarsai dibangunnya jembatan tersebut untuk mempermudah aktifitas industri. Jembatan Barelang menjadi jembatan penghubung Kota Batam dengan pulau-pulau sekitarnya, BAtam, REmpang, GAlang.
 
Senja di Jembatan Barelang

Taman Barelang Bridge
Area Barelang Bridge kini mulai dikembangkan menjadi gardu pandang jembatan terpanjang di Kepulauan Riau tersebut dan taman yang begitu nyaman. Pedagang jagung bakar berjajar menemani para pengunjung menikmati senja.
Selain Jembatan Barelang yang terpanjang, Batam telah memecahkan rekor MURI untuk karya Patung Dewi Kwan Im terbesar se Indonesia. Lokasi dibangunnya patung Dewi Kwan Im menjadi tempat ibadah umat Budha di Batam. Patung Dewi Kwan Im dikelilingi tembok berlukiskan sejarah Budha, setiap orang bisa membaca sejarahnya. Kura-kura berenang dengan damai di kolam yang disiapkan tepat dibawah patung Dewi Kwan Im.

Patung Dewi Kwan Im
Dalam perjalanan menuju Bandara untuk kembali ke Jakarta, kami singgah sebentar di Batam Centre. Kebetulan sekali di sana sedang diadakan MTQ Nasional, suasana begitu meriah, ramai, mobil, petugas, pedagang dimana-mana. Saya seperti tidak sedang berada di indonesia, suasananya Melayu sekali! Petugas, peserta yang mondar-mandir lewat mengenakan pakaian khas Melayu, yang pria mengenakan peci, celana panjang yang ditumpuk dengan sarung sepaha, perempuan mengenakan baju kurung dan berjilbab. Jujur, saya suka melihat pemandangan yang demikian, rasanya adem =)

Masjid Raya Batam Centre
Saya bukan pesertanya =)
Pusat perkantoran di Batam Centre
Welcome to Batam, tulisan yang begitu menarik perhatian di atas bukit belakang Batam Centre. Mau foto di sana... =)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUAH KHAS KALIMANTAN

Akhir tahun di Kalimantan sepertinya layak disebut sebagai musim semi. Bagaimana tidak musim semi? Saat kamu bisa menemukan aneka macam buah-buahan langka di segala penjuru kota yang tak pernah eksis sebelumnya apalagi untuk seorang perantau dari Jawa seperti saya. Pertama kali mulai takjub dengan pemandangan buah asing ini dimulai saat traveling di pasar terapung, buah kuning besar dengan kulit yang seperti ditaburi bedak dengan rasa yang sangat lembut seperti mentega, ya buah mentega. Dan petualangan saya berburu buah asing pun semakin menggila. 1. Kalang-kala Buah dengan bentuk menyerupai terong mini atau terong yang biasa untuk lalapan berwarna pink, cantik banget. Mengkonsumsinya pun tidak sembarangan langsung dimakan, dia harus direndam terlebih dahulu dengan air panas yang sudah dicampuri garam, diamkan beberapa saat dan buah bisa dinikmati, hmm... rasanya seperti sedang makan alpukat, nyam... 2. Buah Bundar Seperti namanya, buah bundar memiliki bentuk bulat se

KULINER KHAS KAMPUNG KELING MEDAN

Laughter is brightest, where food is best -Irish Proverb- Jika berkunjung ke Medan Sumatera Utara, jangan lupa mampir ke kawasan Kuliner Pagaruy. Ada apa di sana? Kawasan Kuliner Pagaruy masih dalam wilayah kampung Keling, Perkampungan orang-orang India, sehingga kita bisa menemukan aneka makanan khas ber- curry . Warung-warung yang menjajakan aneka kuliner khas Timur berjajar panjang seolah menjadi pasar persaingan sempurna. Kami memesan Nasi Kebuli, Roti Jala, dan Roti Kerucut. Nasi Kebuli Nasi yang diolah dengan rempah-rempah, aroma wangi rempahnya begitu kuat. Aku tak begitu kuasa menelannya apalagi ditambah lauk kare daging yang berkuah kental dan berempah. Roti Jala Roti yang dimasak dengan cetakan jaring-jaring ini lebih bersahabat di lidahku. Diolah dengan tepung tawar dan berlauk kuah kare daging kambing, aku cukup menikmatinya.

TAMAN PELANGI JOGJA

Taman Pelangi merupakan istilah keren untuk taman penuh lampion berwarna warni aneka rupa di areal monumen jogja kembali Yogyakarta. Taman Pelangi atau Taman Lampion mulai dibuka kala senja telah menjingga. Saat langit telah menghitam, taman pelangi menghadirkan sensasi malam yang lebih indah. Berjalan diantara lampion-lampion aneka bentuk dan warna seolah membawa kita menyusuri negeri dongeng para kurcaci yang begitu cantiknya. Selamat berimajinasi! Lampion berbentuk aneka jenis bunga hingga kupu-kupu yang tengah menghisap sarinya, beberapa tokoh kartun seperti sponge bob dan sahabatnya patrick, angry bird, simbol kota Jogja yaitu Tugu Jogja, lampion kepala presiden RI, dunia air dengan aneka macam binatang lautnya, hingga lampion spesial little korea .