Langsung ke konten utama

KILAU PERMATA MARTAPURA

Silaunya matahari di Martapura rupanya tak mau kalah saing dengan kilau permata-permata yang telah berjajar rapi di etalase toko. Matahari siang ini terasa sangat menyilaukan mata terutama saat berdiri di alun-alun Ratu Zaleha yang berlokasi tepat di depan pusat pertokoan permata Martapura. Alun-alun Ratu Zalekha adalah alun-alun yang sangat kental suasana Melayunya dengan tiang-tiang berukir kaligrafi dan identik dengan warna kuning keemasan berdiri megah di tiap pinggir alun-alun.



Martapura, salah satu kabupaten di Propinsi Kalimantan Selatan yang begitu terkenalnya dengan kilauan indah batu-batu permatanya. Dan salah satu destinasi utama pusat perdagangan batu-batuan permata tersebut adalah di pertokoan permata Martapura. Butuh waktu tempuh 1 jam dari ibukota di Banjarmasin untuk menuju Martapura.



Namanya perempuan, jika sudah memulai sesuatu yang disebut 'belanja', maka dunia seolah milik sendiri, hahaha... bahkan terik siang itu pun sampai tak terasa panas. Kaki dengan lincahnya melangkah dari toko ke toko, memilih-milih accesoris yang mayoritas terbuat dari batu-batuan, seperti gelang, kalung, cincin, hiasan meja dan dinding dengan harga yang bervariasi pula tentunya. Meskipun di pusat pertokoan permata Martapura identik dengan batu-batuan untuk perhiasan, di sini kita juga bisa menemukan barang-barang khas Kalimantan Selatan seperti kain sasirangan, dompet yang dirangkai dengan manik-manik, atau camilan khasnya amplang dan kuku macan.



Puas cuci mata di Martapura, saatnya mengisi perut dengan makanan khas Banjarmasin, Soto Banjar, (kuah kental, lontong atau ketupat, telur rebus, suiran ayam, sedikit irisan wortel dan tomat, daun seledri, plus taburan bawang goreng) yummyyy...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUAH KHAS KALIMANTAN

Akhir tahun di Kalimantan sepertinya layak disebut sebagai musim semi. Bagaimana tidak musim semi? Saat kamu bisa menemukan aneka macam buah-buahan langka di segala penjuru kota yang tak pernah eksis sebelumnya apalagi untuk seorang perantau dari Jawa seperti saya. Pertama kali mulai takjub dengan pemandangan buah asing ini dimulai saat traveling di pasar terapung, buah kuning besar dengan kulit yang seperti ditaburi bedak dengan rasa yang sangat lembut seperti mentega, ya buah mentega. Dan petualangan saya berburu buah asing pun semakin menggila. 1. Kalang-kala Buah dengan bentuk menyerupai terong mini atau terong yang biasa untuk lalapan berwarna pink, cantik banget. Mengkonsumsinya pun tidak sembarangan langsung dimakan, dia harus direndam terlebih dahulu dengan air panas yang sudah dicampuri garam, diamkan beberapa saat dan buah bisa dinikmati, hmm... rasanya seperti sedang makan alpukat, nyam... 2. Buah Bundar Seperti namanya, buah bundar memiliki bentuk bulat se

KULINER KHAS KAMPUNG KELING MEDAN

Laughter is brightest, where food is best -Irish Proverb- Jika berkunjung ke Medan Sumatera Utara, jangan lupa mampir ke kawasan Kuliner Pagaruy. Ada apa di sana? Kawasan Kuliner Pagaruy masih dalam wilayah kampung Keling, Perkampungan orang-orang India, sehingga kita bisa menemukan aneka makanan khas ber- curry . Warung-warung yang menjajakan aneka kuliner khas Timur berjajar panjang seolah menjadi pasar persaingan sempurna. Kami memesan Nasi Kebuli, Roti Jala, dan Roti Kerucut. Nasi Kebuli Nasi yang diolah dengan rempah-rempah, aroma wangi rempahnya begitu kuat. Aku tak begitu kuasa menelannya apalagi ditambah lauk kare daging yang berkuah kental dan berempah. Roti Jala Roti yang dimasak dengan cetakan jaring-jaring ini lebih bersahabat di lidahku. Diolah dengan tepung tawar dan berlauk kuah kare daging kambing, aku cukup menikmatinya.

TAMAN PELANGI JOGJA

Taman Pelangi merupakan istilah keren untuk taman penuh lampion berwarna warni aneka rupa di areal monumen jogja kembali Yogyakarta. Taman Pelangi atau Taman Lampion mulai dibuka kala senja telah menjingga. Saat langit telah menghitam, taman pelangi menghadirkan sensasi malam yang lebih indah. Berjalan diantara lampion-lampion aneka bentuk dan warna seolah membawa kita menyusuri negeri dongeng para kurcaci yang begitu cantiknya. Selamat berimajinasi! Lampion berbentuk aneka jenis bunga hingga kupu-kupu yang tengah menghisap sarinya, beberapa tokoh kartun seperti sponge bob dan sahabatnya patrick, angry bird, simbol kota Jogja yaitu Tugu Jogja, lampion kepala presiden RI, dunia air dengan aneka macam binatang lautnya, hingga lampion spesial little korea .